Wednesday 13 November 2013

on

Baiklah teman-teman sekalian, kali ini kita akan mempelajari bagaimana mengkoneksikan Database ( Microsoft Access) dan Visual Basic 6.0. Dalam tutorial ini cara mengkoneksikannya tanpa koding looohh….!!! | apaa tanpa koding ? ( /*o*)/ | iyaa tanpa konding..!! hahahaa “ini reaksi untuk yang suka mumet kalo bicara soal koding :D”
Yah, baiklah sebelum kita mulai ada baiknya berdoa terlebih dahulu sebelum melakukan ritual ini *looh (hahaha), dan sebaiknya pastikan computer/laptop anda dalam keadaan hidup yaa..!!!. Silakan ikuti setiap instruksi yang ada dibawah ini :  

1. Pertama-tama kita buat database nya terlebih dahulu menggunakan Microsoft Access. Yah, buka dulu Microsoft Access yang ada di computer/laptop teman-teman. Kemudian, klik “Blank Document”  seperti gambar dibawah :
2. Selanjutnya, klik tombol browse yang ada di sebelah kanan bawah tampilan. Lihat instruksi pada gambar di bawah ini, kemudian klik :

3. Kemudian pilih lokasi tempat untuk menyimpan file database sesuai dengan yang anda inginkan, disarankan untuk membuat folder baru yang nantinya akan digunakan untuk menyimpan seluruh file-file yang akan di gunakan dalam proses koneksi ini :

 4. Selanjutnya, Klik menu “Create” maka anda akan menemukan icon View Design, klik icon tersebut:


5. Setelah icon View Design di Klik, maka akan muncul tampilan yang meminta anda untuk menyimpan tabel. Simpan tabel dengan nama “data”.


6. Setelah menyimpan tabel, akan muncul tampilan selanjutnya  yaitu anda diminta untuk mengatur field-field yang dinginkan. Isi  field-field tersebut seperti gambar dibawah ini :

7. Jangan lupa, untuk memberikan “Primary Key” pada field yang unik, disini Primary Key diletakan pada field “NIM”. Klik kanan pada kolom sebelum kolom “NIM” kemudian pilih “Primary Key”, yang telihat seperti gambar dibawah : 

Untuk langkah-langkah lebih lengkapnyaa, teman-teman bisa download modulnya disini...!!!!
Dimodul itu lengkap kok langkah-langkahnyaa, kalo disini cuma sebagiannya aja :D

Tinggalkan komentar yaa :)

0 comments:

Post a Comment