Saturday, 12 July 2014

on


Hallo sahabat blogger sekalian. Kali ini saya akan membahas salah satu perangkat keras (Hardware) yang sedang heboh dibicarakan. Ya, seperti yang kalian lihat pada gambar saya akan membahas tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh Proccessor Intel Core i7. Let's Check it out :)

Di awal tahun 2010, Intel merilis prosesor terbaru mereka dengan codename “Gulftown”. Prosesor dengan nama resmi Intel Core i7 980X ini, dilengkapi dengan enam buah core dan telah menggunakan proses fabrikasi 32 nm. Kehadiran prosesor ini sekaligus mengukir sejarah sebagai kehadiran pertama prosesor enam core untuk segmen komputer desktop. Keluarga “Extreme Edition”
Sebelum Gulftown diluncurkan, terdapat berbagai spekulasi tentang nama resmi prosesor ini. Salah satunya adalah seri Core i9. Pada akhirnya saat menjelang perilisannya, Intel mengumumkan nama untuk prosesor ini yaitu Core i7 980X. Dari penamaannya, Gulftown diposisikan diatas Core i7 975 dan ini berarti Gulftown menjadi anggota keluarga prosesor Intel seri Extreme Edition. Seri Extreme Edition merupakan kasta tertinggi dalam jajaran prosesor desktop Intel. Salah satu kelebihan seri Extreme Edition adalah multiplier prosesor yang di-unlock. Walaupun begitu, karena merupakan kasta tertinggi, prosesor seri Extreme Edition memiliki harga jual yang tergolong tinggi yaitu sekitar US$ 999. Core i7 965, Core i7 975, dan Core i7 980X dibanderol dengan harga jual tersebut.

KELEBIHAN :

Core i7 QM

Prosesor notebook Core i7 QM memiliki kemampuan tertinggi. Tidak ada VGA di dalam prosesor ini, tapi 4 inti prosesor (quad core), kecepatan tinggi, dan Turbo boost adalah andalan utamanya. Prosesor dengan 4 core dan hyper-threading ini akan dideteksi Windows seakan memiliki 8 inti prosesor. Jika Anda membutuhkan performa notebook tertinggi yang bahkan mampu bersaing dengan desktop, ini adalah pilihannya. Umumnya, notebook dengan Core i7 akan memiliki VGA khusus. Jadi, gamer, pengguna aplikasi grafis (Adobe Photoshop, 3ds Max), dan pencinta performa tinggi akan menyukainya. Tentu saja, ada harga yang harus dibayar untuk performa yang tinggi ini.

Core i7 M

Prosesor ini adalah Arrandale (2 inti prosesor) dengan performa terbaik. Teknologi 32 nm membuatnya bekerja dengan suhu relative rendah. Kecepatan tinggi, Hyper-threading, dan Turbo boost membuatnya memiliki performa tinggi. Apabila dipadu dengan VGA tambahan, notebook berbasis Core i7 M akan menjadi pilihan yang sangat baik bagi pencinta performa tinggi. Kemampuannya bahkan dapat bersaing dengan Core i7 QM. Tentu saja, dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Nehalem 

Core i7 sendiri merupakan processor pertama dengan teknologi “Nehalem”. Nehalem menggunakan platform baru yang betul-betul berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satunya adalah mengintegrasikan chipset MCH langsung di processor, bukan motherboard. Nehalem juga mengganti fungsi FSB menjadi QPI (Quick Path Interconnect) yang lebih revolusioner.
Semua prosesor Intel dengan nama Core i dibangun dengan dasar arsitektur yang diberi nama Nehalem. Secara sederhana, arsitektur baru ini menawarkan performa yang lebih tinggi dengan pengaturan konsumsi daya yang jauh lebih baik. Ada beberapa hal yang merupakan keunggulan dari arsitektur Nehalem secara umum, jika dibandingkan dengan arsitektur Core sebelumnya: 

Hyper-threading (HT)
 
Tahukah Anda bahwa sebuah inti prosesor tidak selalu “dipekerjakan” secara maksimal? Sebagai analogi, anggap sebuah prosesor dengan dua inti (dual core) adalah sebuah ruang dengan dua orang di dalamnya. Pada saat satu orang diminta memasak, kedua tangannya akan bekerja. Akan tetapi, orang ini sebenarnya masih bisa menerima telepon sembari memasak, bukan?
Hal yang sama terjadi pada inti prosesor. Ada bagian-bagian dari inti prosesor tersebut yang tidak terpakai saat sebuah perintah diberikan padanya. Penyebabnya adalah perintah tersebut mungkin memang tidak memanfaatkan bagian tertentu dari prosesor. Lalu, bagaimana caranya kita bisa memanfaatkan bagian yang tidak bekerja tersebut? Intel menamakan teknologi pemaksimalan kerja prosesor tersebut dengan nama Hyper-threading (HT).

Arrandale
 
Nama apa lagi ini? Nama ini kami angkat untuk membedakan Core i7 QM dengan Core i7 M, Core i5 M dan Core i3 M. Saat ini, Core i7 QM masih menggunakan teknologi Nehalem 45 nm. Meski bertenaga besar sekali, teknologi 45 nm pada Core i7 membuatnya bekerja sedikit lebih panas. Selain itu, Core i7 QM juga tidak memiliki VGA di dalam prosesor berinti 4-nya (Quad core).

Arrandale adalah kode untuk prosesor berbasis Nehalem untuk notebook yang menggunakan teknologi 32 nm dan memiliki VGA terintegrasi di dalam prosesor. Saat ini, Arrandale hanya memiliki jumlah inti prosesor maksimum 2 (dual core). Akan tetapi, performanya tetap tinggi dan suhu kerjanya cenderung lebih dingin dibandingkan Core i7.


KEKURANGAN :

Biaya

Kekurangan processor core i7 dengan processor intel yang lainya yaitu harga jual yang lebih mahal dan memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi agar menunjang kinerja core i7

Perangkat

Dengan berbagai keunggulan yang dimiliki oleh intel Core i7, maka perangkat tambahan yang perlu ditambahkan seperti VGA, RAM, dll itu haruslah memiliki spek yang tinggi. Sehingga bisa mengimbangi dan memaksimalkan kerja dari prosessor ini.


Sumber Referensi :
1. http://oferiachacha.blogspot.com/2012/09/memilih-prosesor-intel-i3-i5-i7-apa.html
2. pirantiio.wordpress.com/2013/12/12/kelebihan-dan-kekurangan-processor-intel-core-i3-core-i7/ 
3. http://ruangan-it.blogspot.com/2013/03/kelebihan-dan-kekurangan-intel.html


5 comments:

  1. ohh jadi begitu ya gan bedanya, makasih pencerahannya gan

    ReplyDelete
  2. Siap, saya sekarang sudah tau kelebihan dan kekurang Intel core i7.

    ReplyDelete