Sunday, 4 January 2015

on


Hoohohohoo....Apa kabar penyimak sekalian ? Semoga kalian dalam keadaan baik. Kali ini saya akan berbagi pengetahuan atau lebih tepatnya pengalaman KKN. Postingan kali ini akan berbeda dari yang biasanya, karena kan seperti yang kalian ketahui biasanya saya posting tentang materi kuliah terapan dan pemrograman. Kali ini saya memang akan membahas tentang satu mata kuliah yang harus di ambil oleh mahasiswa 'Pendidikan' seperti saya. Yoop sekarang lanjut aja ke inti nya yaaa :D

Yah awalnya saya kan seorang mahasiswa semester 5 yang sedang dalam masa pertumbuhan *hahahaha*. Ketika mau mengontrak mata kuliah untuk semester 5 secara online, trus gue baca lah setiap mata kuliah yang bisa gue kontrak untuk semester ini. Alhamdulillah saya bisa ambil 23 SKS hihihihihi :3 Mulailah aku centang sana sini mata kuliah yang mau gue kontrak. Dari seluruh mata kuliah yang sudah gue pilih itu jumlahnya 21 SKS. Eh nanggung euy kata gue tinggal 2 SKS lagi. Pokoknya 23 SKS harus dapet maksimal. Tiba-tiba ada temen yang nyaranin untuk ngambil mata kuliah KKN. "Eh, emang bisa ambil matkul KKN di semester ini ?" kata gue. Dan temen gue berkata :" Insha allah bisa, tapi bakal ribet soalnya bakal tumburan sama jadwal UAS dan TUBES di akhir semesternya..!!". Mulailah pergejolakan di pikiran dan hati yang semakin membadai -____-" 

Dan akhirnya gue pun memutuskan untuk ngontrak KKN *horeeee*....

Hari pun berlalu~~~~

Tanggal 22 Desember adalah hari penempatan KKN. Hati pun bertanya-tanya, bakal dapat daerah mana ini ??? Dan gue dan feridi akhirnya datang ke LPPM buat ngeliat pengumuman itu. Dan gue inet banget itu lagi hujan deres, gue sama feridi jalan 'ngeteng' sedikit demi sedikit jalan mulai dari JICA *disana numpang makan karena kelaparan T.T*. Akhirnya sampai juga di LPPM *red : basah kuyup*....

Mata pun mulai men-scan satu persatu lembaran kertas yang tertempel di papan pengumuman LPPM. *jeduut* ada nama gue disana dan gue lihat lah lokasi penempatan gue jeengggg....jeeeengggg... gue dapat di daerah Sumedang euy hahahahahaa *didalam pikiran gue :"asik nih makan tahuuu...serba tahuuuuu...makin kepooo karena serba tahuuu :D hahahaa"*

Tepatnya gue dapat di daerah Desa Cibeureum Wetan, Cimalaka, Sumedang. Woooooww!!!
Dan akhirnya setelah kita kontek kontekan antara kelompok KKN yang terdiri dari gue, risma, roni, teh putri, intan, fajar, elsa, kang majid, dea, jefri, dll :D hahahahaha kita kumpul kemudian membahas tentang kapan mau survei ke tempat KKN. Dan akhirnya hari sabtunya kita pergi ke daerah yang di tujuuuuuu. tik...tok...tik...took dan kami pun sampai di tempat dengan keadaan yang luaaaaar biasaa. Pemandangan desa nya bagus bangetlah dan orang nya ramah ramah juga. Bakal nyaman nih tinggal disini.

Untuk cerita gimana hasil surveinya udahlah skip ajaaaa hahahahaha
Saat ini adalah minggu terberat untuk anak ILKOM semester 5. Dimana tugas berceceran, tugas besar yang merajalelaaaaaaa dan juga ditambah UAS yang datang tak diundang tapi diperlukan :v. Adapun beberapa tugas besar yang diberikan oleh dosen tercintaaaah :
  1. Sistem Informasi Pendidikan : Membuat Aplikasi Sistem untuk Sekolah
  2. Jaringan Komputer : Membuat jaringan komputer untuk suatu perusahaan yang memilik cabang dimana-mana :3
  3. Rekayasa Perangkat Lunak : Membuat aplikasi dan kemudian di analisis, diuji, dan diteliti :|

Udahlah tubes itu bikin stress banget hohohoho tapi alhamdulillah semuanya udah terlewati *yess*
Dan akhirnya pada tanggal 2 Januari 2015 gue pun berangkat ke Sumedang untuk memulai kegiatan KKN bersama teman-teman yang laiinya yohohohohoo....Setelah sampai di sumedang  gue pun mulai melakukan apa yang seharusnya dilakukan, kamu tau apa itu ???? iyaaa benar ADAPTASI. Hadeeeeh ini teh hal terumit yang harus dilakukan didaerah yang bau dikenal dan teman-teman yang baru dikenal juga :D Tapi alhamdulillah setelah 3 hari mulai mudah untuk adaptasi dan juga gue udah mulai kenal kepribadian masing-masing. Temen temen KKN mah pada asssiiik, ada yang lucu, ada yang lugu, ada yang gajee, ada yang rumit, ada yang diam diam buas :D hahahahaaa

Kami kan KKN nya dengan tema POSDAYA, yang ternyataaa udah ada posdaya nya di desa ini. Dulu pernah dibentuk oleh mahasiswa dari UPI juga. Dan akhirnya kami pun di beritahu oleh Bu Lilis dosen pembimbing KKN kami, bahwa kami lebih difokuskan untuk mengolah dan mengurus Rumah Pintar. Dan apakah kalian tau rumah pintar itu pencetusnya siapa ??? iyaaa tepat, Bu Een Sukaesih yang terkenal itu loh. Tapi pada tanggal 12 Desember 2014 kemarin beliau wafat, sehingga rumah pintar pun ikut vakum untuk sementara dan juga dikarnakan siswa banyak yang libur sekolah. Dan kami pun diutus untuk menghidupkan kembali rumah pintar tsb dengan program kerja yang kami punya.

Kami berharap kami memiliki semangat yang kuas seperti bu Een yang dengan ikhlas mengajar anak-anak selama 28 Tahun.

Sekian cerita dari guee, tunggu aja yaaaa nanti ada kelanjutannya kok :D

To Be Continue.....


3 comments:

  1. wah ternyata ada sayanya juga hehehe :d

    mampir http://feridi.blog.upi.edu/ & http://handini.blog.upi.edu/

    ReplyDelete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete