Saturday 27 December 2014

on
Yap,,akhirnya kita sampai di seri ketiga dari cerita dunia percheatsheetan :o hohohooohooo. Kali ini saya akan membahas tentang Command Shell. Apa itu command shell ? Command : perintah, shell : kerang. Kalo diartikan menjadi "perintah dari kerang" hahahahaa ah lupakan...!! :3


Commad shell adalah Program yang menerjemahkan perintah Mengijinkan user untuk mengeksekusi perintah dengan cara mengetiknya secara manual di ,terminal atau secara otomatis pada program yang disebut shell script.Shell bukan sistem operasi tetapi cara untuk terhubung dengan sistem operasi dan menjalankan perintah.
 
 
1. Perintah  : ls -l /bin/m[a-z]
 
 Dapat di gunakan untuk mencari jarak nilai misalkan  0-9 dan A-Z
 
Print Screen :
 
 
2. Perintah : ls -l /bin/m?
 
Mewakili karakter tunggal dalam nama file Contoh: m? dan Alat pemisah direktori, digunakan untuk memisahkan string dari nama direktori Contoh: /bin/m?
 
Print Screen :
 
 
3. Perintah : touch berkas [0-12].txt 
 
Disini kita membuat direktori/folder yang dberi nama stmoperasi, setelah itu masuk ke folder sisope. Kita buat file dalam folder stmoperasi. Dengan mengetikkan command "touch berkas [0-12].txt yang berfungsi untuk mewakili jarak dan nilai. lalu lihat list nya command "ls"
 
Print Screen :


4. Perintah : touch /tmp/filename\* 
 
Escape character. Jika anda menginginkan untuk menggunakan karakter spesial, anda harus “melepaskan” dengan miring garis terlebih dahulu. Contoh: touch /tmp/filename\*

Print Screen :


5. Perintah : ls -l /bin/m*
 
Mewakili 0 atau banyak karakter dalam nama file, atau dengan sendirinya, semua file dalam direktori tanda * terdapat seperti gambar di bawah ini :
 
Print Screen :
 



 
 
6. Perintah : ls -l ;pwd
 
Command separator Memungkinkan anda untuk mengeksekusi banyak perintah dalam satu baris. 
coba lakukan seperti gambar di bawah ini :
 
Print Screen :
 
 
 
7. Perintah : touch  nama .txt , (ls -l ;pwd ) > nama.txt , dan cal
 
Buatlah  berkas lagi dengan command "touch" lalu berkas bisa kita lakukan eksekusi banyak perintah dalam satu baris. dengan karakter ";" dan Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. dengan karakter ">"
 
Print Screen :
 
 
8. Perintah : cal > nama.txt dan cat nama.txt
 
Mengalihkan output dari suatu perintah ke dalam file baru. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > raka.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat raka.txt" mucul  cal yang berati calender.  
 
Print Screen :
 
 
9. Perintah : cat dan cal
 
Mengalihkan output dari suatu perintah menuju ke akhir dari suatu file yang sudah ada hampir sama dengan yg diatas. Jika file sudah ada, maka akan ditulis ulang. misal gambar ini ketikkan command "cal > raka.txt." lalu dengan menampilkannya dengan mengetikkan command "cat raka.txt" mucul lah cal yang berati calender.  
 
Print Screen :
 
 
10. Perintah : ls /etc/passwd && echo "file password" 
 
Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah kedua jika perintah pertama dikerjakan tanpa ada error.
 
 
 
Command separator seperti sebelumnya, hanya saja akan menjalankan perintah salah satu saja jika salah satu perintah yang akan dikerjakan tanpa ada error.


Mengeksekusi suatu perintah di background, dan langsung mendapatkan shell anda kembali . seperti dibawah ini, ketikkan command "ls /etc/passwd & echo "file password ada"
 
 
Selamat Mencoba :)

0 comments:

Post a Comment