Saturday 27 December 2014

on
       Setelah kemarin saya posting tentang Cheatsheet bagian pertama. Kali ini saya akan memposting bagian keduanya tentang manajemen proses :D Ceritanya cheatsheet ini berseri kayak sinetron jaman sekarang. Kalo ga berseri ga rameee mueheheheheh :v Let's check it out...


Proses adalah program yang sedang di eksekusi. di LINUX (UBUNTU) setiap program adalah proses ketika sistem pada linux pertama kali di aktifkan saat itulah proses yang bertanggung jawab untuk membuat karnel diciptakan. dimana operasi proses pada proses seperti menciptakan, menunda, komunikasi antar proses.


Instruksi ps 

(Process Status) digunakan untuk melihat kondisi proses yang a da. PID adalah Nomor  Identitas  Proses,  TTY  adalah  nama  terminal  dimana  proses  tersebut  aktif,  STAT berisi S (Sleeping) dan R (Running), COMMAND merupakan instruksi yang digunakan.


1. Perintah : ps

Perintah dasar untuk melihat status dari proses yang sedang berjalan.

Print Screen :


2. Perintah : ps -u

Untuk melihat faktor/elemen lainnya, gunakan option  –u (user). %CPU adalah presentasi CPU time yang digunakan oleh proses tersebut, %MEM adalah presentasi system memori yang  digunakan  proses,  SIZE  adalah  jumlah memori  yang  digunakan,  RSS  (Real  System Storage)  adalah  jumlah  memori yang  digunakan,  START  adalah  kapan  proses  tersebut diaktifkan.

Print Screen :
 

3. Perintah : ps -u user

Mencari proses yang spesifik untuk pemakai.

Print Screen :


4. Perintah : ps -a

Print Screen :
 

5. Perintah : ps -au

Print Screen :

 
6. Perintah : ps -aux

Print Screen :

 
7. Perintah : top

Print Screen :

 
8. Perintah : htop

Bagi yang belum pernah menggunakan printah htop, melakukan menginstalan terlebih dahulu dengan cara sudo  apt-get  install  htop  (perlu  koneksi internet)  jika pengistalan belum bisa lakukan upgrade . setelah melakukan pengisntalan seperti perintah di atas. lakukan perintah htop.
 
Print Screen :
 
 
9. Perintah : ps -eH

Menampilakan hubungan proses parent dan child.

Print Screen : 

 
10. Perintah : ps -ef

Menampilkan hubungan proses parent dan child serta letak prosesnya.

Print Screen :

 
11. Perintah : pstree

Menampilkan semua proses pada sistem dalam bentuk hirarki parent/child

Print Screen :

0 comments:

Post a Comment