Tuesday 21 October 2014

on
Buka program VirtualBox, Start → All Programs → Oracle VM VirtualBox. Setelah itu akan muncul Program VirtualBox, kemudian klik menu “New”. Maka akan Muncul Tampilan sebagai berikut

                                  
                      
Kemudian isi field “Name” dengan nama anda, pada bagian “Operating System” Pilih Linux , secara otomatis pada bagian Version akan memilih Ubuntu. Apabila tidak langsung memilih, tinggal kita cari Ubuntu dengan mengklik tanda panah bawah pada field version.

Klik Next, maka selanjutnya akan muncul kotak dialog Memory, ini berfungsi untuk menentukan besarnya RAM yang akan kita gunakan untuk menjalankan virtual machine. Disini kita memakai RAM nya sebesar 702 MB, dianjurkan untuk pemakaian RAM ini tidak melewati batas warna hijau. Klik Next

       

Klik Next, maka muncul tampilan seperti gambar dibawah, biarkan pilihan tetap pada Create new hard disk, lalu klik Next.

                           

Kemudian muncul kotak dialog seperti gambar dibawah, biarkan pilihan tetap pada VDI ( VirtualBox Disk Image ), klik Next.

                              

Pada bagian Virtual disk storage details, pilih Dynamically allocated, klik Next.

Pada bagian ini kita bisa menentukan besarnya hard disk yang ingin kita pakai. Disini kita tentukan besarnya hard disk yang dipakai adalah 10,00 GB, klik Next.



Pada bagian Summary, tinggal klik Next. Dan akan muncul lagi Summary, klik Next lagi.



Setelah proses selesai, secara otomatis akan kembali ke menu awal VirtualBox. Kemuadian pilih menu Setting → Storage → klik Empty. Pada CD/DVD Drive klik tanda panah lalu pilih IDE Secondary Master, kemudian klik icon CD.


Kemudian, cari tempat anda meletakan file ubuntu.iso, lalu pilih dan klik Open.


Setelah file ubuntu.iso di buka dan pengaturan sudah selesai, kemudian klik OK. Anda akan kembali ke menu awal VirtualBox, kemudian klik icon Start.


Proses Running data sedang berjalan, kemudian keluar tampilan seperti di gambar. Pilih bahasa yang diinginkan, dianjurkan untuk menggunakan English. Klik Install Ubuntu.
Akan ada tampilan Preparing to Install Ubuntu, klik Forward.

 
Modul Instalasi Linux




0 comments:

Post a Comment