Wednesday 13 March 2013

on

"Langkah-langkah Pembuatan Animasi Kubus"

1. Buka lembar kerja pada Flash, Action Script 2.0.

2. Buatlah bentuk dasar kubus dengan menggunakan Rectangle Tool dan Line Tool, untuk menggambar garis putus-putus di belakang, pada pilihan Line Tool Properties ubah Style garis menjadi "Dashed".

3. Selanjutnya masukan Nama dan input huruf A-H menggunakan Text Tool, sehingga menjadi seperti ini :

4. Kemudian untuk menambahkan rusuk yang berwarna merah, buatlah menggunkan Line Tool dan atur warna nya menjadi merah serta jadikan Convert to Symbol, buatlah sebanyak 24 garis rusuk  yang masing-masing sisi menempati 1 layer (buat menjadi 24 layer baru) dengan cara mengambil sisi yang telah dijadikan simbol pada Library pada setiap layer.

5. Sekarang masuk ke proses penggerakan rusuk yang berwarna merah agar menempati setiap sisi yang ada di kubus. Pertama blok frame sampai sebanyak yang kita inginkan pada timeline, contoh : 600, kemudian klik kanan dan pilih Insert Keyframe. Selanjutnya letakan kursor pada titik dimana akan dimulai nya pembuatan animasi, klik kanan pilih Convert to Keyframes lakukan hal yang sama pada titik akhir animasi, seperti contoh pada gambar :


6. Untuk menambahkan efek gerakan yang halus gunakan "Create Classic Tween" agar gerakan perpindahan dari titik awal ke titik akhir menjadi kelihatan halus/teratur. Untuk memasukan rusuk pada sisi miring kubus, tinggal atur garis rusuk menggunakan Free Transform Tool, atus sesuai sisi kubus.

7. Lakukan hal yang sama pada setiap garis rusuk pada layer masing-masing. Untuk memulai perwarnaan sisi kubus pertama kita membuat layer baru. Kubus memiliki 6 sisi, sehingga kita buat 6 layer baru untuk mewakili masing-masing sisi tersebut.

8. Pada perwarnaan kita menggunakan Rectangle Tools dan atur warna yang diinginkan jangan lupa untuk memperkecil ukuran "Alpha" pada warna itu berfungsi untuk memberi efek transparan pada warna. Gambar lah sebuah objek yang sesuai dengan bentuk sisi kubus menggunakan Rectangle Tool sehingga menutupi sisi kubus tsb. Untuk sisi yang bentuknya jajaran genjang kita tinggal menggambarkan persegi panjang sesuai bentuk sisi tsb, kemudian edit persegi tersebut sesuai bentuk sisi kubus dengan cara Seleksi persegi tersebut, kemudian klik Modify - Transform - Distort.

9. Untuk menjalankan animasi perubahan warna sisi kubus, kita menggunakan fasilitas yang sama seperti animasi garis rusuk kubus yaitu "Convert to Keyframes". Aturlah awal dan akhir dari animasi diantara jeda tiap sisi, kemudian letakan kursor pada titik akhir animasi dan ubah warna sisi yang menutupi sisi kubus tersebut sesuai warna yang diinginkan. Lakukan hal yang sama pada semua sisi kubus.

10. Untuk membuat efek animasi bahwa sisi tersebut berubah warna, disini kita menggunakan "Create Shape  Tween". Letakan kursor diantara area timeline yang telah ditandai dengan Convert to Keyframe, klik kanan kemudian pilih "Create Shape Tween". Lakukan hal yang sama pada setiap sisi kubus.

11. Proses pembuatan animasi selesai, untuk menampilkan animasi tinggal tekan tombol "CTRL + Enter".

Selamat Mencoba :)

1 comments:

  1. Iya, sama sama gan :) terima kasih juga sudah berkunjung ke blog saya :>)

    ReplyDelete