Tuesday, 12 March 2013

on

ANIMASI



Animasi adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa komponen didalam Flash yang sering digunakan dalam pembuatan Animasi.

   1.  Workspace Pada Flash
  • Stagearea kerja pembuatan semua elemen movie Flash yaitu menggambar objek yang akan dibuat sebuah animasi.
  • Timeline : Tool utama untuk membuat animasi dan objek-objek interaktif. Timeline terdiri atas tiga bagian utama, yaitu Scene, Layer, dan Frame.
  • Library : berguna untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam susunan yang memudahkan dalam penggunaannya.
  • Action dan Properties :  berisi properti objek yang dapat dimodifikasi. Sebagian besar properti ini digunakan untuk objek movie klip.
   2. Istilah-istilah Pada Flash.
  • Single Keyframe dan frameframe di mana terdapat perubahan yang spesifik di dalam animasi. pada animasi frame, setiap frame adalah merupakan suatu keyframe.
  • Motion Tweened frame : Pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan akhir.
  • Labeled Frame : apabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame
  • Shape Tweened Frame : Perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain.
  • Scripted Frame : Representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
   3. Tools Panel dan Fungsinya.
  • Tools Area : berisi tools untuk membuat objek, memilih, dan memanipuilasi objek atau isi dalam stage dan timeline
  • View Areapada bagian ini digunakan untuk memperbesar maupun memperkecil tampilan pada layar monitor.
  • Colors Area : pada bagian ini terdapat pallet untuk mengganti warna outline dan fill.
  • Option Area : bagian ini merupakan modifiers dari setiap tool yang dipilih. Setiap tool mempunyai modifiers yang berbeda-beda.
   4.  Perbedaan Static Text, Dynamic Text, dan Input Text.
  • Static Text : Teks yang tidak mengalami perubahan dari awal hingga akhir, dan bersifat tetap.
  • Dynamic Text : Jenis teks yang dinamis (berubah) yang menampilkan teks-teks yang dapat diupdate.
  • Input Text : Sebuah field teks yang memungkinkan user untuk dapat menginput teks pada form aplikasi yang dibuat.
   5. Breaking Text Apart adalah Suatu proses yang digunakan untuk memisahkan masing-masing karakter huruf , cara menggunkan Breaking Text Apart dengan menekan tombol CTRL + B.

   6. Linking Text adalah Teks yang dijadikan link agar bisa terhubung ke suatu link website di internet. Cara untuk melakukan Linking Text pertama dengan memblok kata/ kalimat yang ingin diberi link, kemudian klik icon link terus input link website yang anda inginkan.

   7. Perbedaan Bimap dan Vektor.
  • Bitmap adalah gambar yang bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu satuan tertentu, semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambat tersebut. Contoh bitmap : .jpg, . gif, . bmp.
  • Vektor adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk, garis, dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam suatu gambar.
   8. Perbedaan Shape Tween dan Motion Tween.
  • Shape Tween adalah Pergerakan suatu objek dari suatu keadaan awal hingga keadaan akhir.
  • Motion Tween adalah Perubahan suatu bentuk dari suatu objek ke objek yang lainnya.
   9. Fungsi-fungsi Symbol.
  • Graphic Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya untuk background.
  • Movie Clip Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang memiliki animasi.
  • Button Symbol : Simbol yang digunakan untuk membuat tombol yang bersifat diam.
  • Tweening pada Simbol : Simbol yang ada didalam tween.
   10. Publishing Flash Movie.
  • Flash *.swf File yang terbentuk jika anda melakukan test movie , dan merupakan   sebuah file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding file animasi 2D lainya.
  • HTML *.html : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis web dan dapat diakses di suatu web browser.
  • Windows Projector *.exe : Aplikasi yang digunakan untuk mengekspor suatu animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.

Sumber Referensi :


0 comments:

Post a Comment