Animasi adalah gambar begerak
berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan
mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan
hitungan waktu yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa komponen didalam Flash yang sering digunakan dalam pembuatan Animasi.
1. Workspace Pada Flash
- Stage
: area kerja pembuatan semua elemen
movie Flash yaitu menggambar objek yang akan dibuat sebuah animasi.
- Timeline
: Tool utama untuk membuat animasi dan
objek-objek interaktif. Timeline terdiri atas tiga bagian utama, yaitu
Scene, Layer, dan Frame.
- Library : berguna
untuk mengorganisasikan simbol-simbol dalam susunan yang memudahkan dalam
penggunaannya.
- Action dan Properties : berisi properti objek yang dapat dimodifikasi.
Sebagian besar properti ini digunakan untuk objek movie klip.
2. Istilah-istilah Pada Flash.
- Single Keyframe dan frame : frame di mana terdapat perubahan yang spesifik di dalam
animasi. pada animasi frame, setiap frame adalah merupakan suatu keyframe.
- Motion Tweened frame : Pergerakan suatu objek dari keadaan awal sampai keadaan
akhir.
- Labeled
Frame : apabila keyframe atau frame telah diberi nama melalui frame
- Shape
Tweened Frame : Perubahan bentuk dari suatu objek ke objek lain.
- Scripted
Frame : Representasi terstruktur yang menggambarkan urutan stereotip dari
kejadian-kejadian dalam sebuah konteks khusus.
3. Tools Panel dan Fungsinya.
- Tools
Area : berisi tools untuk membuat objek, memilih, dan memanipuilasi objek
atau isi dalam stage dan timeline
- View
Area : pada bagian ini digunakan untuk
memperbesar maupun memperkecil tampilan pada layar monitor.
- Colors Area : pada
bagian ini terdapat pallet untuk mengganti warna outline dan fill.
- Option Area : bagian ini
merupakan modifiers dari setiap tool yang dipilih. Setiap tool mempunyai
modifiers yang berbeda-beda.
4. Perbedaan Static Text, Dynamic Text, dan
Input Text.
- Static
Text : Teks yang tidak mengalami perubahan dari awal hingga akhir,
dan bersifat tetap.
- Dynamic
Text : Jenis teks yang dinamis (berubah) yang menampilkan teks-teks yang
dapat diupdate.
- Input
Text : Sebuah field teks yang memungkinkan user untuk dapat menginput teks
pada form aplikasi yang dibuat.
5. Breaking Text Apart adalah Suatu proses yang
digunakan untuk memisahkan masing-masing karakter huruf , cara menggunkan
Breaking Text Apart dengan menekan tombol CTRL + B.
6. Linking Text adalah Teks yang dijadikan link agar
bisa terhubung ke suatu link website di internet. Cara untuk melakukan Linking
Text pertama dengan memblok kata/ kalimat yang ingin diberi link, kemudian klik
icon link terus input link website yang anda inginkan.
7. Perbedaan Bimap dan Vektor.
- Bitmap
adalah gambar yang bertipe raster. Mengandalkan jumlah pixel dalam satu
satuan tertentu, semakin rapat pixel maka semakin baik kualitas gambat
tersebut. Contoh bitmap : .jpg, . gif, . bmp.
- Vektor
adalah serangkaian instruksi matematis yang dijabarkan dalam bentuk,
garis, dan bagian-bagian lain yang saling berhubungan dalam suatu gambar.
8. Perbedaan Shape Tween dan Motion Tween.
- Shape
Tween adalah Pergerakan suatu objek dari suatu keadaan awal hingga keadaan
akhir.
- Motion
Tween adalah Perubahan suatu bentuk dari suatu objek ke objek yang
lainnya.
9. Fungsi-fungsi Symbol.
- Graphic
Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang tidak beranimasi misalnya
untuk background.
- Movie Clip
Symbol : Simbol yang digunakan untuk objek yang memiliki animasi.
- Button
Symbol : Simbol yang digunakan untuk membuat tombol yang bersifat diam.
- Tweening
pada Simbol : Simbol yang ada didalam tween.
10. Publishing Flash Movie.
- Flash
*.swf : File yang terbentuk
jika anda melakukan test movie , dan merupakan sebuah
file project yang menampilkan animasi yang ukurannya lebih kecil dibanding
file animasi 2D lainya.
- HTML
*.html : Digunakan untuk membuat suatu aplikasi yang berbasis web dan
dapat diakses di suatu web browser.
- Windows Projector *.exe : Aplikasi yang digunakan untuk mengekspor suatu animasi menjadi video, juga dapat di publish menjadi sebuah aplikasi.
Sumber Referensi :
0 comments:
Post a Comment